Jumat, 12 Juli 2013

PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK IKUT SERTA DALAM ELECTRONIC COMMERCE

Electronic Commerce

nElectronic commerce adalah penggunaan komputer untuk memudahkan perusahaan beroperasi
internal (Keuangan, Pemasaran, Manufaktur, ...)
external (Pelanggan, Pemasok, Pemerintahan, ...)

Manfaat Electronic Commerce

nPelayan lebih baik terutama untuk pelanggan
nHubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
nPeningkatan pengembalian investasi pemilik dan pemegang saham


Kendala Electronic Commerce
·         Biaya tinggi
·         Masalah keamanan
·         Perangkat lunak yang belum mapan dan belum banyak

Era Baru Electronic Commerce
·         Mengganti software yang khusus dengan penggunaan Internet Browsers
·         Membuat interface yang umum untuk pelanggan dan mitra electronic commerce

Intelejen Bisnis/Business Intelligence (BI)
·         Pengumpulan dari data yang sederhana mengenai pesaing hingga semua elemen lingkungan

Ø  External Database
·         Sangat Banyak database komersial yang menyenediakan informasi hampir tentang semua subejek
        LEXIS-NEXIS, DIALOG, DOWJONES.COM
        Lebih 1000 tempat pelayanan data terdaftar pada YAHOO.COM
·         Lebih murah mengunakan layanan database dari pada melakuan research

Ø  Extranets
·         Pemakaian bersama dengan khusus Informasi berasis komputer menggunakan teknologi Internet
·         membatasi kepercayaan pemasok dan sebagian besar pelanggan
·         Problem pada Keamanan dan privasi
o  Firewalls

Ø  Electronic Data Interchange (EDI)
·         Transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca oleh mesin secara langsung dari komputer ke komputer di antara beberapa perusahaan
·         Jenis hubungannya, Supply side, Customer side, Transaction set
·         Vendor stock replenishment (VSR)
·         Electronic Funds Transfer (EFT)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar